Konversi Format File AutoCAD versi terbaru ke Versi yang Lebih Rendah

Gambar yang Anda buat di dalam AutoCAD versi terbaru dapat disimpan dalam format gambar AutoCAD versi terbaru. Selain itu AutoCAD versi terbaru menyediakan fasilitas untuk mengizinkan Anda menyimpan gambar kerja dalam format AutoCAD yang versinya lebih rendah, seperti AutoCAD dibawah versi 2010 (pada saat artikel ini saya tulis AutoCAD sudah meluncurkan versi 2010). Tujuan konversi ini mungkin Anda ingin membagi gambar kepada pihak lain (teman kuliah, rekan kerja, bos Anda atau pacar Anda) yang kebetulan tidak memiliki AutoCAD versi terbaru, tetapi memiliki versi yang lebih rendah (R12, R13, R14, 2000, 2002, 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009).

Saya akan menunjukkan kepada Anda semua yang mungkin baru mengenal AutoCAD dan yang sudah mengenal dan mahir AutoCAD saya mohon maaf karena ini kawasan newbe (baca:pemula). Ulasan yang saya jelaskan berikut jarang sekali ditunjukkan dibuku yang dijual dipasaran ataupun blog yang berhubungan dengan dunia AutoCAD. Baiklah supaya Anda tidak bosan dengan hanya membaca basa-basi saya maka saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya.

Cara yang pertama

Cara yang pertama ini sangat simpel dan sederhana bahkan disemua program juga bisa melakukannya dan sangat efisien menurut saya karena Anda tidak perlu lagi merubah-rubah format file AutoCAD Anda.

1. Buka AutoCAD versi terbaru Anda (2005, 2006, 2007, 2008, 2009, dan 2010) disini saya contohkan pada AutoCAD 2007. Klik menu Tools-Options dan akan terbuka menu Options

3. Kita pilih tab Open and Save
4. Pada bagian File Save Anda rubah AutoCAD 2007 Drawing (*.dwg) ke AutoCAD 2004/LT 2004 Drawing (*.dwg)
Yang artinya File AutoCAD Anda akan otomatis tersimpan ke versi 2004 pada setiap Anda melakukan proses penyimpanan. Kenapa kok tidak ke versi lebih rendah lagi seperti 2000 atau ke RT14? Pertanyaan bagus yang perlu dijawab. Jika file AutoCAD Anda memiliki sebuah password maka versi terendah yang dapat mendukung adalah versi 2004 dan jika Anda tetap memaksa ingin mencobanya maka akan muncul pesan seperti yang tampak pada gambar dibawah.

.

Password Anda akan hilang karena tidak di suport oleh AutoCAD versi 2000
Cara yang kedua
Cara yang kedua ini lebih mudah tapi tidak efisien karena kita sering lupa dibanding ingatnya. Lho kok bisa? Ya, kalo kita memiliki AutoCAD versi terbaru (baca:2010) dan kita tergesa-gesa menyimpannya padahal di tempat pihak lain (teman kuliah, rekan kerja, bos Anda atau pacar Anda) tidak memiliki AutoCAD versi terbaru (baca:2010) maka kita sendiri yang akan repot. Buka AutoCAD versi terbaru Anda (2005, 2006, 2007, 2008, 2009, dan 2010) disini saya contohkan pada AutoCAD 2007. Anda akan mendapati sebuah lembar kerja baru kosong tanpa gambar apapun atau Anda bisa membuka sebuah file gambar AutoCAD Anda dan Anda bisa langsung klik File-Save untuk baru dan File-Save As untuk file AutoCAD lama (baca:sudah ada gambarnya dan tinggal merubah formatnya)
3. Akan terlihat menu Save Drawing AS dan pada Files of type Anda rubah AutoCAD 2007 Drawing (*.dwg) ke AutoCAD 2004/LT 2004 Drawing (*.dwg)
Beri nama File AutoCAD Anda dan tekan Save maka File AutoCAD 2007 Anda akan bisa dibuka diversi yang lebih rendah. Prinsip penyimpanan ini sebenarnya sama dengan program-program lain seperti Office, Corel, dll. Tetapi banyak teman saya yang mengeluhkan dan menyalahkan komputer temannya yang masih mempunyai AutoCAD versi rendah padahal yang perlu disalahkan Anda tahu sendiri kan? Bagi teman-teman saya, mungkin Anda terlalu ceroboh dan tidak mau ambil pusing soal hal sepele seperti ini tapi menurut saya hal ini sangat penting untuk Anda ketahui karena Anda akan bingung sendiri jika sudah didunia kerja dan tidak tahu harus berbuat apa.
About these ads

7 thoughts on “Konversi Format File AutoCAD versi terbaru ke Versi yang Lebih Rendah

  1. Permisi numpang nanya miss…
    Savenya di A _CAD 2010, trus 2010nya di uninstal…
    saya beralih ke A_CAD 2007, skr mo buka file A_CAD 2010 di 2007 tanpa pke A_CAD 2010. Gmn cranya miss… mohon bantuannya miss please..
    pke program online or mesti diapain biar kebuka di A_CAD2007…
    thq…

    1. ohoho,, saya memang masih jadi pengguna cad yang awam… setau saya kalo file cadnya 2010 tidak bisa di buka di 2007 ,,, mungkin dari awal save as nya,,, yang harus disimpan dengan format cad 2007,,, jadi buka dulu di cad 2010 baru disave as ke cad 2007,,,

  2. mbak, computer saya yg lama masih XP jadi pakai autocad 2004 & komputer tsb sdh dijual. Karna skrg sy pakai Windows 7 yg tidak compatible dgn autocad 2004, maka skrg sy pakai autocad 2007. Masalahnya fie2 saya yg lama versi 2004 ketika dibuka di Autocad 2007 disekitar gambarnya ada bintik2 (titik2) yang tidak bisa di delete. Bagaimana menghilangkannya mbak ? Terima kasih sebelumnya

    1. wah kalo yang begitu setau saya memang g bisa di hapus masbro … biasanya cad 2004 bisa dibaca normal di 2007 kok,,, atau coba buka gambar di cad 2004 dan simpan dalam format 2007,,, mungkin data gambar masbro yang rusak atau sebagainya

      1. masalahnya cad 2004 di windows7 sy sekarang tdk bisa di running, mbak… yg bisa cuma 2007 saja…. ;((

        btw, thx atas pencerahannya, mbak..

  3. selain dr cad yg terbaru ad cara lain ga??
    seperti app buat gnti tipe cad 2010 ke cad 2007??
    galau nih lupa save k yg versi lama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s